Senangnya Berjumpa Grup Telegram Homeschooling

Homeschooling Indonesia - Sebenarnya sudah cukup lama pencarian saya terfokus pada grup kecil homeschooling terdekat yaitu seputaran Bekasi baik Kota maupun Kabupaten. Dan akhirnya beberapa minggu yang lalu berujung pada penemuan grup kecil di telegram yang awalnya dimulai dari grup telegram Rumah Inspirasi.

Awal pertemuan hanya ada 3 keluarga yang bisa berjumpa. Tapi saya senang dengan apresiasi teman-teman. Waktu itu saya datang terlambat karena si sulung harus diuap dulu, paginya agak sulit bernafas.

Pertemuan pertama kami begitu berkesan bagi saya pribadi. Senang campur haru dan bahagia... (hehehe.. sama saja ya). Selama ini cukup goyah menjalani homeschooling di lingkungan saya. Belum menemukan teman yang bisa diajak berbicara seputar problema homeschooling dan mengatasi hambatannya. Senangnya lagi salah satu orangtua homeschooler ternyata telah menjalani homeschooling dari kecil dengan keempat saudaranya yang lain(insyaAllah saya akan ceritakan khusus mengenai mbak yang satu ini).

Pertemuan pertama


Antusiasme saya ternyata tidak bertepuk sebelah tangan. Biasanya suami pikir-pikir kalau ada kopi darat dari teman online saya, paling susah dibujuknya. Alhamdulillah sudah dua kali kopi darat dengan anggota homeschooler di grup telegram bisa ikut(meski telat...).

Pertemuan pertama di sebuah mall di Bekasi, karena masih bingung hendak bertemu dimana. Tapi Alhamdulillah pertemuan singkat itu cukup berarti bagi saya pribadi.

Si sulung mengajak mbak Esa(nama mbak yang sudah homeschooling dari kecil) mengobrol dengan menggunakan bahasa Inggris. Anggota lain yang ikut adalah mbak Sri yang harus sigap mengawasi si kecilnya. Saya waktu itu pulang dengan kebahagiaan dan harapan di hati.. Harapan agar saya kuat pada pilihan ini..

Baca juga: Jalan-jalan tak bermanfaat

Pertemuan kedua, saya telat lagi, karena si tengah tidak enak badan. Sebenarnya dari pertemuan pertama sudah begitu (saya bawa obat-obatan anak-anak waktu itu) tapi si tengah agak takut minum obat.. penyembuhannya jadi lama.
Sempat ada drama ngambek karena tidak bisa berenang bersama teman lainnya. Pertemuan kedua ini di kediamannnya mbak Esa dan ada kolam renang kecil di sana.

Pertemuan kedua


Akhirnya berjumpa dengan orangtua homeschooler yang lebih banyak.. Alhamdulillah waktu itu berkumpul 6 keluarga. Ada mbak Nur, mbak Farisah, Pak Yudhi, mbak Esa, dan mbak Rizka. Senangnya bisa mengenal lebih banyak.
Anak saya bersemangat memperlihatkan hasil karyanya. Yang sulung memperlihatkan lapbook-nya, si tengah dengan bangga memamerkan batu koleksinya(meski belum tahu batu jenis apa saja). Sulung saya memang senang menjelaskan tentang apasaja. Dan si tengah dari dulu memang suka dengan batuan. Ingin mencarikan referensi berupa buku tentang batuan(kalau ada yang tahu boleh share di kolom komentar).

Memperlihatkan lapbook

Acara makan-makan


Waktu itu saya sekeluarga pulang paling akhir dan mengobrol banyak hal yang berhubungan dengan homeschooling bersama mbak Esa. Hujan yang cukup lebat membuat kami bertahan sebentar.
Ke depannya saya pribadi berharap ada kegiatan rutin pertemuan anak-anak homeschooling.
Teman-teman di Bekasi yang mau bergabung di telegram boleh mampir di grup telegram HS Bekasi.

Komentar

  1. Jadi lebih semangat dan percaya diri kalau ketemu teman2 sesama homescholler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mbak.. soalnya di lingkungan rumah masih asing..

      Hapus

Posting Komentar