Pensil Warna yang mana?

Homeschooling Indonesia - Saya memang lebih sering menyetok pensil warna untuk kreasi anak dibanding crayon. Crayon cenderung berbubuk banyak dan mengotori tangan, sementara anak saya alergi terhadap debu. Pernah beli crayon putar yang berbungkus plastik berharga cukup mahal, hanya bertahan sesaat. Anak-anak lebih asyik mempermainkan putarannya dan mengeluarkan isianya hingga patah-patah. Selain itu warna yang muncul kurang kuat, jadi anak-anak kadang harus berusaha keras untuk mewarnai gambar kesuakaannya.

Dibanding pensil warna, crayon biasa memang lebih kuat warnanya, dan bisa lebih cepat mewarnai apalagi kalau ada lomba mewarnai. Tapi lebih bagus sih kalau lomba mewarnai yang tidak berpacu dengan waktu melainkan dengan membandingkan  karya seninya sendiri.

Di sini saya akan coba menguraikan kelebihan dan kekurangan beberapa brand pensil warna. Mungkin ini hanya sedikit dari sekian banyak pesnil warna yang dijual di toko-toko. Semoga bermanfaat..

1. Staedler Luna 137



Pensil warna dengan berbentuk bulat ukuran sedang ini mempunyai warna-warni yang menarik. Warna-warninya paling saya suka diantara pensil warna yang lainnya. Cukup asyik dipegang dan nyaman digunakan, tidak terlalu keras. Pensil warna ini dilingkari pelindung putih disekeliling  warnanya, jadi pada dasarnya isi pensil warna ini cukup sedikit ya.. jadi cepet habis. Diraut teerbilang ga gampang patah kok, meski ini lembut saat digunakan.
Pada kemasannya dilengkapi dengan CD tutorial mewarnai dengan berbagai cara. Harga dibanderol cukup terjangkau, saat ini di blibli.com dijual senilai Rp. 56.500. Waktu itu saya mmebeli secara offline sudah beberapa tahun lalu.
Untuk penilaian 1-10 ini saya beri nilai 8.


2. LYRA Colors



Pensil warna Lyra colors ini pensil warna yang paling tahan lama dibanding pensil warna lain yang dipakai anak-anak. Kenapa? Karena ini cukup jarang digunakan ^_^ Saat digunakan membutuhkan tenaga ekstra untuk memunculkan warnanya. Pewarnanya cukup keras jadi ga gampang patah saat diraut. Warnanya cukup menarik, sayangnya kurang kuat. Ini dipakai anak-anak kalau lagi males buka kotak pensil warna yang biasa dipakenya..
Pensil warna berbentuk persegi enam ini berukuran lebih kecil dibanding Staedler Luna 137.
Harga umumnya lebih murah dibanding Staedler, maaf saya tidak menemukan harga penjualan onlinenya.
Untuk nilai 1-10 pensil ini saya beri nilai 6.


3. LYRA Osiris



Pensil warna ini berbentuk segitiga, ukurannya pada dasarnya sama besar dengan staedler Luna 137, cukup nyaman dipegang. Halus dan lembut saat digunakan, namun sayang sering patah saat digunakan atau saat diraut. Jadi sangat cepat pendeknya. Bentar-bentar anak-anak meraut dan merapikannya. Pada dasarnya isi warananya sendiri cukup besar jadi anak-anak senang saat memakainya, mewarnai jadi cepat.
Harganya di atas harga Lyra Colors di nomor 2 tadi. Sayang saya tidak menemukan harga penjualan onlinenya.
Untuk nilai 1-10 pensil warna ini saya beri nilai 7.


4. Faber Castell Classic Colour



Seperti Lyra Colors, Pensil warna ini juga berbentuk segienam, dipegang nyaman dan asyik. Warna yang paling disukai anak-anak dari pensil warna ini adalah adanya warna gold yang jarang ada di pensil warna lain. Warna yang dihasilkan cukup kuat, jadi tidak perlu tenaga ekstra saat digunakan. Hasilnya lembut dan halus namun tak sehalus staedler Luna 137. Tidak gampang patah saat digunakan atau diraut. Isi warna lebih besar dibanding Staedler Luna 137. Terdapat space untuk menuliskan nama anak di ujung pensil.
Di Blibli.com dibanderol dengan harga Rp. 55.600.
Di angka 1-10 nilai untuk pensil warna ini adalah  8.


5. Faber Castell Colour Grip



Paling suka dengan pensil warna yang satu ini, nyaman saat digunakan dengan adanya tonjolan kecil di bagian batang pensil. Warna kuat dan nyaman saaat digunakan, ga perlu pakai tenaga ekstra. Halus dan lembut hasilnya  terkadang terlihat seperti hasil menggunakan crayon. Isian warnanya cukup besar. Tidak gampang patah saat digunakan atau diraut. Pensil ini berbentuk segitiga seperi Lyra Osiris, Ukuran juga sama. Terdapat space kecil untuk menuliskan nama anak di ujung batang pensil. Sayang saya tidak menemukan harga penjualan onlinenya, namun dibanding semua pensil warna di atas harganya lebih mahal.
Untuk angka 1-10 saya beri nilai di angka 9 (saya simpan angka 10 siapa tahu ada yang lebih bagus ^_^)



Semangat hunting pensil warna mom.. Mungkin tidak banyak anak yang menyukai menggunakan pensil warna, mengingat cukup lama kalau digunakan saat mewarnai. Namun semoga apa yang saya tulis di sini bermanfaat buat mom dan anak-anak. Mom yang mau mewarnai untuk relaksasi juga boleh menggunakan referensi ini. Semangat hari berwarna dengan pensil warna pilihanmu ^_^

Komentar

  1. Mbak itu yang paling disukai koq ada 2, jadi sebenarnya yang paling disukai yang mana?

    Btw thanks for sharing. Jadi tau merk mana yang terbaik dari score yang mbak berikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak..
      Yang no. 4 maksudnya pensil itu kelebihannya banyak(tidak gampang patah, warnanya kuat, hasil lembut, nyaman dipegang, ada warna gold, dan lain-lain), tapi yang paling disuka anak-anak dari kelebihan itu adalah adanya gold pada pilihan warnanya.

      Hapus
  2. Kalo aku pilih faber castle watercolor,, kalo dikasih air beneran kayak watercolor & warnanya jadi lebih hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak kadang suka pakai air juga. Kalau ga salah dulu yang Staedler Luna 137 ada free kuas kecil. Benar.. warnanya jadi lebih hidup.

      Hapus
  3. Kalo aku paling suka faber castle (semua jenis) soalnya warnanya bagus dan nyaman buat dipake mewarnai

    BalasHapus
  4. Kalo saya suka merek pilot atau mitsubishi, tempatnya dari kaleng jadi nilai plusnya lebih rapi dan awet. Kalo soal warna saya lebih suka yang pilot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru tahu ada merek pensil warna pilot dan mitsubishi, tahunya kalau merek pilot itu pena ^_^
      Dulu juga pernah beli yang kaleng kecil merek staedler kalau ga salah, yang faber castell juga ada kalengnya.

      Hapus
  5. Saya biasa pakai Faber Castell, Joyko, Kenko. Kalau Joyko warnanya seperti ada lapisannya gitu. Agak2 model krayon pulasan warnanya. Kenko juga bagus, tapi butuh tenaga untuk menghasilkan warnanya. Faber Castell yang halus, tidak mudah patah, licin, dan enak untuk arsiran. Ada lgi merek pensil warna "Color Wizz", pensilnya mirip Faber Castells, warnanya lebih banyak, ada mencapai ratusan batang. Saya juga pakai itu.

    BalasHapus

Posting Komentar