Presentasikan Karyamu

Homeschooling Indonesia - Anak-anak biasanya senang kalau pekerjaan mereka saya dokumentasikan. Mereka jadi tambah bersemangat melakukan acak-acak lainnya. Yap benar acak-acak, karena setiap karya yang mereka buat rumah insyaAllah jadi berantakan tidak karuan. Tapi mereka saya libatkan merapikan kembali segala sesuatu yang berantakan. Terkadang bersemangat, terkadang juga membantah tidak mau melakukannya.

Tidak hanya mendokumentasikan dalam bentuk foto, beberapa karya mereka saya dokumentasikan dalan bentuk video. Namun masih dengan latar yang berantakan. Sebenarnya malu mau share videonya. Tapi anak tidak setiap hari mau melakukannya. Bagi saya penting bagi anak untuk mampu menyampaikan secara lisan apa yang telah dibuatnya. Amat besar kemungkinannya suatu saat ia mempresentasikan hasil karyanya. Buat apa capek-capek membuat sesuatu yang menurutnya bermanfaat namun tidak satupun yang mengerti tentang apa yang telah didesainnya. Jadi saya membiasakan anak meminta menerangkan apa yang telah dibuatnya, meski bahasanya ya masih seadanya. Yang jelas saya harus menunjukkan apresiasi yang baik terhadap hasil yang telah dikerjakannya.



Anak-anak memang masih belum baik bahasa penyampaiannya kadang kata berawalan me malah dibalik dengan menggunakan awalan di. Biasanya langung saya koreski jika mendengarnya. Penggunaan kata ganti waktu juga masih belum fasih seperti tadi pagi, tadi malam, kemaren, 2 hari lalu, besok dan lain-lain. Si tengah biasa menggunakan dulu, waktu yang sudah lama itu, tadi(padahal udah kemarennya), dan lain-lain. Penyampaiannya masih belum runut dan terarah, ini menurut saya biasa, latihan insyaAllah bisa meningkatkannya, bahkan saya sendiripun masih sering menyampaikan sesuatu dalam bentuk tulisan yang acak-acakan 😉

Beberapa karya yang telah dibuat anak seperti pada video berikut awalnya tidak saya sangka kalau penjelasannya akan seperti yang disampaikannya. Anak saya cukup jeli dan detail dalam menyampaikan sesuatu. Sewaktu-waktu tetap berusaha agar anak mau menyampaikan penjelasan detail tentang hasil karyanya. Berikut ini adalah karya si tengah, yaitu desain denah rumah. Anak-anak memang sudah sangat ingin kami memiliki runah sendiri, karya anak tentang desain rumah sudah cukup banyak dalam berbagai bentuk. Ayo simak penjelasan si tengah(belum genap 6 tahun waktu video di ambil).



Kalau video selanjutnya adalah karya si sulung(8thn saat video di ambil), masih mengenai desain rumah juga, namun menggunakan aplikasi di hp. Desain rumahnya cukup besar, emak sempat bingung dan galau. Rumah sebesar ini beli tanahnya berapa? Hehe... menggunakan fasilitas lengkap yang mungkin emak tidak bisa mewujudkannya. Tapi semoga impian kalian bisa terwujud ya nak, semoga yang terbaik. Sebenarnya videonya cukup panjang, namun supaya tidak bosan melihatnya video saya persingkat. Berikut videonya.




Semoga buat penggiat hs lainnya bisa mengambil sesuatu yang bermanfaat dari sharing saya ini. Yukk ajak anak menyampaikan secara lisan dan detail mengenai hasil karyanya. Dan jadikan presentasi menjadi hal yang menyenangkan ^_^

Komentar