Hiks.. Saya ibu yang tidak kreatif

Happy morning mom.. ^_^
Semangat sekali saya pagi ini mau nulis.. Mudah-mudahan hari ini semua sehat ya.. yang punya bisnis lancar, yang mau menuntut ilmu dapat ilmu berkah, yang mau di rumah aja bisa beraktifitas dengan baik ^_^

Pernah ada yang komentar di status facebook saya yang mengatakan kalau ia bukan ibu yang kreatif, tidak berani mempraktekkan homeschooling karena alasan utamanya itu. Ada juga yang bilang tidak punya banyak ilmu, tidak pintar.
Sebenarnya kalau anak sudah penasaran ia akan mencari sendiri kegiatan yang dilakukannya. Anak-anak saya lebih sering membuat mainannya sendiri, kadang saya juga iri dengan postingan ibu-ibu yang emmbuatkan mainana kreatif untuk anaknya, ingin sebenarnya tapi terkadnag tidak sempat (ibu rumah tangga sibuk :D )
Simak beberapa tips berikut yuukk biar biar pede dan mantap untuk mempraktekkan homeschooling untuk anak ^_^ (sama-sama belajar ya).


Perlihatkan tayangan mengenai kreatifitas

Suka nonton youtube bersama anak ga mom? Coba sekali-kali menonton youtube bersama mengenai kreatifitas anak. Selain menimbulkan rasa penasaran anak, juga insyaAllah bisa menimbulkan keinginan orangtua untuk mempraktekkannya.
Ingat ini nontonnnya bersama orangtua ya.. sebaiknya diperhatikan juga oleh orang tua karena apa yang mau dipraktekkan sebaiknya sesuai dengan usianya. Jadi pilih-pilih juga yang mau dilihat ^_^

Ini beberapa link youtube yang bisa mom lihat:

What do We Do all Day

 

Bermacam kreatifitas simpel yang bisa mom lakukan bersama anak. Beberapa mungkin juga bisa untuk orangtua ya.. dan membuat orangtua jadi lebih rileks. Menurut saya ini tampilannya bersih, terang, menarik dan tidak ribet.

 Babble Dabble Do



Temanya mengenai Art, Design, engineering, science for kids. Seru-seru lhoo.. Engineringnya keren-keren.. ^_^ Tampilannya bagus, cerah, berwarna-warni, menarik untuk anak. Orangtua juga pasti akan amazing melihatnya.

Mister Maker


Mister Maker berisi banyak kreatifitas anak, simpel-simpel kok cara membuatnya. Mister Maker juga bisa dilihat di salah satu saluran TV berbayar. Anak saya biasnaya sennag melihat ini, setelah menonton langsung semnagat mengambil kertas.. padahal itu acaranya belum selesai.. ^_^

3 ini aja dulu ya... ini udah banyak lhoo isinya.


Sediakan buku mengenai Kreatifitas

Mungkin karena terbatas kuota tidak bisa menonton di youtube.. Yuuk hunting buku-buku mengenai kreatifitas anak, sebenarnya ga hanya buku kok.. tinggal googling juga bisa. Namun kalau kembali bermasalah emngenai kuota internet ya sebaiknya berburu buku. Ga perlu beli buku yang mahal-mahal.. berburu di bazar buku aja ^_^
Buku-buku yang bisa merangsang kreatifitas misalnya buku mewarnai, buku belajar melipat dan menggunting, buku sticker, dll.

Beberapa buku menarik yang saya miliki yaitu:

Penulis Lisa Burke

Ini kece bukunya.. belajar mengenai tubuh, tapi ada permaianna menarik di dalamnya.. 
Kalau buka ini anak-anak pasti narik-narik sayaminta segera dipraktekkan. Memang harus dibawah pengawasan orangtua.. simpel kok isinya.. 

Penulis Irma Nurul Fatimah
Kalau buku ini favorit anak yang besar.. Ini lebih sulit dibanding buku pertama, dan membutuhkan bantuan orangtua untuk mengerjakannya.Kreasi-kreasinya simpel dan menarik. Anak saya sering berkreasi dengan buku ini ^_^

Main, Yuk
Penulis Irfan AmaLee, Ana P. Dewiyana, denden F. Arif, dan Erna S Solihat

Kalau yang ini berisi lebih dari 135 aktifitas.. Ayikk lhoo.. banyak kreatifitas di dalamnya.
Anak saya yang besar atau yang kecil suka dengan buku ini. Harganya lumayan, karena ini menggunakan hard cover, tapi banyak ilmunya lhoo..

Saya membeli buku di atas offline, tapi jika berminat bisa melirik link buku di atas jika ingin membeli online. Klik di judul bukunya ya ^_^


Sediakan alat-alat yang diperlukan anak

Ini penting ya.. Jika alat-alatnya tidak tersedia anak-anak hanya bisa berharap sambil mikir-mikir.. Kasihan ah..  :D Alat-alat seperti gunting (gunakan gunting yang ramah anak), pensil warna, kertas hvs atau kertas warna, lem, cat warna dll disediakan ya mom. Ga harus yang mahal-mahal, ga harus brand tertentu. Karena anak biasanya tidak mau tahu apakah itu mahal atau tidak, yang penting bisa dipakai. Lem kertas bentuk stick biasanya anak-anak saya habiskan dalam beberapa hari saja.
Saya biasanya beli kertas hvs dalam kemasan rim. Hati-hati dengan cat warna ^_^ Oya ada tips dan trick juga lhoo kalau mom kerepotan dengan cat warna anak di Mom Hacks.

Kardus bekas, bungkus plastik bekas, botol bekas juga biasnaya bermanfaat.. bahkan anak-anak kadang bermain dengan tutup botol bekas lhoo ^_^



hal yang tak kalah penting adalah menemani anak bermnai.. Paling penting menurut saya adalah ini. Meski orangtua tidak kreatif, namun menemani anak bermain itu hal yang penting buat anak, meski orangtua hanya melihat yang dikerjakan anak, meski hanay emmbantu sedikit-sedikit. Tapi kehadiran orangtua membuata anak tambah bersemangat,  walau hanya 30 menit ya mom.. Yuuukk semangati anak untuk berkreasi ^_^ (tapi sabar memang harus tiada batasnya)


Bagaimana mom? sudah siap untuk homeschooling hari ini? ^_^
Yuuk sama-sama mencari ilmu... Mengajari anak membuat saya banyak belajar ^_^


 

Komentar