Belajar hal yang menyenangkan

Homeschooling Indonesia - Pagi itu selesai mandi, sarapan dan semua sudah beres anak-anak minta keluar.. Aku mau menanam bunda boleh? Oke sipp.. Meski halaman cuma sedikit dan tanamannya tidak banyak, mereka tetap antusias. Belajar di luar selain memberikan suasana berbeda dalam belajar (meski pemandangannya ya ga keren amat :D ) bisa mengahangatkan tubuh. enak lhoo bisa berjemur di pagi hari... DAn ini trik terbaik mengajak anak berjemur.
Di halaman ada beberapa tanaman yang ditanyakan anak saya.. ini apa bunda itu apa bunda.. ada beberapa tanaman bunga, jambu biji, jeruk, pandan, wangi, kunyit, cabe, dan kangkung(kangkung disebut juga padahal cuma seduikti euy..) Kebetulan tanaman mangga saya mati pas ditinggal mudik.. Jadi kami keluar pagar ke rumah depan, kebetulan ada pohon mangga di luar pagar.

Beberapa biji bunga saya berikan untuk disemai.. Pot kecilpun disediakan masing-masing satu. Untung ada sekop kecil karena memang saya beli khusus untuk menanam tanaman. Mereka asyik memindahkan tanah ke pot. Sempat kepikiran pengen dipakein sarung tangan tapi saya punyanya yang besar dan entah dimana letaknya :D Tapi biarlah mereka nanti mencuci tangan dengan sabun..

Usai memasukkan tanah dan menyemai biji tanaman (ga cuma bunga yang diminta.. ada bumbu masak juga yang ada bijinya bisa ditanam :D ). Mereka terlihat senang dan senyum merekah namun masih ada yang kurang.. minta air untuk menyiram.. air seember penuh saya letakkan di halaman dan mereka menyiram semua tanaman.. Horee.. emak bebas dari kerjaan menyiram.. Qiqiqiqi..

Ga puas sampai di situ anak-anak juga saya perkenalkan beberapa bau daun tanaman untungnya ada beberapa yang bisa jadi eksperimen.. ada daun jeruk, daun kunyit, daun pandan wangi, daun ruku-ruku(ini bumbu masak yang ada bijinya bisa disemai ^_^ ) Wanginya masing-masing daun sangat khas.. Ada satu daun yang katanya bau pee :D ada-ada aja nih anakku...
Ada beberapa hal yang kelupaan saya ajarkan mengenai bunga tanaman. Oya.. anak saya paling suka memperhatiakn ulat dan kepompong yang ada di tanaman jeruk.. Pas tadi lihat kepompong udah sedih ia pun agak sedih.. Penasaran dengan kupu-kupunya.. yah.. ga bisa lihat... 

Anak-anak kalau dibecandain suka dikira serius.. Suatu kali si besar menggunakan sendok cukup banyak saat makan. Saya pun berujar.. 
Nanti siapa yang cuci piringnya? 
Beberapa saat ia terdiam lalu keluar kata-kata.. Aku.. Aku mau bunda... 
Benar?
Iya benar... Nanti aku cuci piring..

Saya ga terlalu serius soal mencuci piringnya soalnya tempat cuci piring cukup tinggi. Begitu usiai makan mereka hampir lupa mencuci piring. Kemudian saya ingatkan, ga berapa lama mereka mencuci piring gantian.. yang kecil ga mau ngalah.. Ga sampe nyuci bersih kok.. cuma disabuni lalu ditinggal qiqiqiqi.. Kok bisa sampe? iya pakai kursi kecil.. Tapi mereka sudah tidak sabar membantu alias melihat ayahnya membersihkan kaca aquarium.. ^_^

Memang hari paling dinanti adalah hari ayah libur.. mereka bisa bepergian ke tempat rekreasi.. Udah lama minta ke taman. Akhirnya pergi ke Taman Menteng hari sabtu lalu. Dan aksi mereka membuat saya deg-degan.. manjat san-manjat sini.. Emak yang khawatir.. akanya kegirangan.

Foto berikut adalah foto kegiatan anak-anak yang saya ceritakan di atas.









Komentar

Posting Komentar